Ubuntu Cilegon Road Show ke Sekolah, SMAN 5 Cilegon Jadi Yang Pertama

Setelah terbentuk dan diresmikanya Komunitas Pengguna Ubuntu Cilegon atau yang bisa disingkat menjadi KPUC pada 16 September 2012 berbarengan dengan Seminar yang pertama kali diadakan komunitas ini yang bertema “Dengan Open Source Bebas Itu Nyata”, KPUC terus merumuskan dan menyusun acara-acara lainya sebagai Program Kerja Komunitas yang bertujuan untuk mengenalkan Ubuntu khusunya atau lebih luasnya Open Source untuk meminimalisir pembajakan khusunya pada Software yang memang sudah seperti membudaya di negri ini, karena tim KPUC sadar dengan Open Source setidaknya masyarakat kita bisa lebih produktif untuk bisa lebih memahami software yang mereka gunakan tidak terbatas dari sekedar menggunakan melaikan mengerti bagaimana software tersebut bisa berfungsi bahkan nantinya mungkin bisa menciptakan softwarenya sendiri.
Melihat pesatnya perkembangan teknologi sudah seharusnya kita memang memahi Open Source karna dengan Open Source kita bisa terus mengikuti perkembangan teknologi. KPUC sendiri mempunya misi menciptakan kota Cilegon sebagi Cyber City, tentunya bukan misi bila tanpa pergerakan atau tindakan apa-apa. KPUC kini sudah memiliki beberapa Program Kerja untuk bisa memujudkan Cilegon Cyber City yang sudah di bagi-bagi dalam beberapa tahap, di antaranya adalah Road Show, Seminar dan Pelatihan-Pelatihan sebagai tahap awal.
Kini KPUC sudah mulai berbegerak untuk melakukan Road Show ke sekolah-sekolah yang ada di kota Cilegon khususnya, dan yang pertama di kunjungi adalah SMAN 5 Cilegon pada hari Sabtu 24 November 2012. Dipilihnya SMAN 5 Cilegon sebagai yang pertama selain memang masuk dalam list target Road Show tim KPUC juga antusis para siswa-siswinya untuk mengenal Ubuntu lebih jauh lagi, terlihat dari sambutan hangat saat tim KPUC mengunjungi SMAN 5 Cilegon untuk mengajukan Seminar disana dan beberapa siswa yang semangat menceritakan pengetahuan mereka tentang Ubuntu. Seperti yang diceritakn Adek ketua OSIS SMAN 5 Cilegon yang baru saja dilantik ini begitu antuisnya menceritakan tentang pengalamanya menggunakan Ubuntu pada tim KPUC saat menemuinya.
“Saya tau Ubuntu, kakak saya pake Ubuntu soalnya. Kalo flashdisk saya kena virus dan tidak terdeteksi di notebook saya kaka saya yang benerin pake Ubuntu di notebooknya” begitulah sedikit kutipan dari penjelasan Adek kepada tim KPUC.
Nantinya tim KPUC juga akan mengunjungi sekolah-sekolah lain ( ada yang sudah mengajukan untuk di kunjungi adalah MA AL-ITMAM yang berada di Ciwandan). Tim KPUC juga menerima bila ada sekolah yang menghubungi ingin disambangi tim KPUC untuk Road Show. Rencananya tim KPUC hanya mengunjungi 8 Sekolah tingkat SMA sederajat di Kota Cilegon karna mengingat masih banyak Program Kerja lainya selama 2013 mendatang, semua sudah ada listnya tapi belum tentu sekolahnya mau maka dari itu tim KPUC juga membuka permintaan Sekolah yang mau di kunjungi tim KPUC atau bila nantinya permintaan dari sekolah-sekolah banyak tidak menutup kemungkinan akan lebih dari 8 Sekolah yang dikujungi.

Artikel Terkait :
1. Seminar Open Source “Bebas Itu Nyata”
2. Cilegon Cyber City Project

 

kontributor/Afrizal Hidayatulloh

About fajarsquadc5

sedang mempersiapkan kepemimpinan indonesia menuju negara maju