UBUNTU BUAT SIAPA?

Banyak yang bertanya ini buat apa, namanya aneh kaya usus-buntu, apa kaga ada nama yang lebih keren lagi, susah ya makenya, datanya ilang ga, wah jangan-jangan ini ga ada office nya ya (ada office nya ga sih). Setidaknya itulah komen pertama ketika beberapa orang yang saya bagiin cd ubuntu 12.04 .

Unik karakter orang indonesia ini, ketika ditawarkan sesuatu yang bisa di dapat dengan mudah dan bisa di pelajari mereka mulai menolak dengan alasan yang entah di dapat dari mana pembenaran seperti itu.

Setengah hati – mungkin itu kata yang pantas kita gunakan untuk berinteraksi dan melepas ketergantungan dengan bajakan, semakin terlena dan semakin parah ketika sebagian ada yang menggap hak kekayaan intelektual itu ketika sudah di beli bisa kemudian di pindah tangankan.

Mereka mengganggap seperti membeli barang yang berbentuk, misal : kita membeli mobil, atau motor kita bisa saja ngasih kepada siapa saja asal kita senang dan tergantung kesepakatan kita.

Inilah sesuatu hal yang aneh menurut saya, dimana sebetulnya kebebasan dan hak konsumen yang perlu di jaga dan dipertimbangkan atau bisa saja menuntut hak atas pembeliannya itu.

Coba anda bayangkan dan atau rasakan dimana letak hak konsumen yang telah berusaha mengeluarkan sejumlah kesepakatan (harga) yang ditawarkan untuk menghargai buah karya itu tapi kemudian itu masih dimiliki hak atas barang atau jasanya oleh orang pertama, Itulah yang tidak dipahami oleh semuanya.

Disini bukan saya mau menjatuhkan tetangga sebelah (windows, apel dan atau yang lain yang sama berbayar) karna kebencian semata terhadap mereka, tapi mari kita semua menyadari satu hal.kita tidak bisa terus saja menggantungkan pemikiran ini sudah ada dan tinggal make ga perduli akan bajakan aatau bukan.

Berbicara dari segi keamanan data dan tetek-bengek apa yang dinamakan ancaman virus, os tetangga (windows) terutama mereka selalu dibayangi dan dihantui bahkan mengganggu tidur para sysAdmin mereka. Seperti bom waktu saja yang tinggal menunggu waktu kapan sebuah data di dalamnya akan mudah di permainkan oleh malcode tersebut, ini fakta yang terjadi.

Saya berani bertaruh bagi anda yang posisinya sama kaya saya newbi, jika anda tidak memulai sekarang untuk migrasi atau beralih ke dunia si Tux mungkin anda akan membayangkan bahwa dunia itu hanya berjendela saja hanya terbatas di situ cukup untuk di situ, namun ketika anda mulai membuka kotak pandora pikiran anda dan mulai berjalan di dunia si pinguin anda akan menemukan hal yang tidak pernah terduga.

Bagaimana pendapat anda ?

Fajarsquadc5 -nubisahabatanda

 

 

About fajarsquadc5

sedang mempersiapkan kepemimpinan indonesia menuju negara maju