Cara Konversi GPT Menjadi MBR

Pada kesempatan kali ini saya menganggap anda telah mengetahui apa itu GPT (GUID Partition Table) dan MBR. Jika anda belum tahu silahkan baca tentang GPT di sini dan MBR di sini.

Kebanyakan sistem operasi saat ini masih menggunakan tabel partisi MBR. Jika anda mempunyai beberapa sistem operasi terinstall di komputer atau laptop anda, tetapi salah satu sistem operasinya tidak mendukung tabel partisi GPT, maka anda harus mengkonversinya menjadi tabel partisi MBR terlebih dahulu.

Pernahkah anda ketika mencoba melakukan instalasi Ubuntu dan pada saat pemartisian ternyata hard disk anda dikenali sebagai “unallocated”? Padahal pada hard disk tersebut telah mempunyai beberapa partisi yang di dalamnya telah terinstall sistem operasi Windows 7 misalnya. Dan ketika anda menjalankan Gparted di Ubuntu Live anda, anda mendapatkan error sebagai berikut :

/dev/sda contains GPT signatures, indicating that it has a GPT table. However it does not have a valid fake msdos partition table, as it should. Perhaps it was corrupted — possibly by a program that doesn’t understand GPT partiotn tables. Or perhaps you deleted the GPT table, and are now using an msdos partition table. Is this a GPT partition table?

Anda tidak perlu khawatir, anda cukup mengkonversi tabel partisi anda menjadi MBR. Hal ini kemungkinan terjadi karena pada saat anda melakukan instalasi Windows 7 tidak mengatur setting UEFI anda di BIOS terlebih dahulu. Sehingga yang terjadi adalah Windows 7 anda tetap menganggapnya sebagai MBR walaupun tabel partisi yang digunakan adalah GPT.

Tanpa banyak basa-basi lagi, untuk mengkonversi GPT menjadi MBR, ikuti langkah-langkah berikut (tapi ingat jumlah partisi maksimal yang dapat dikonversi adalah 4 buah partisi sesuai dengan jumlah partisi primary di MBR) :

  1. Install gdisk dengan mengetik perintah sudo apt-get install gdisk.
    Jalankan aplikasi gdisk untuk memanipulasi tabel partisi hard disk anda (misalkan nama device hard disk saya /dev/sda) : sudo gdisk /dev/sda
  2. Kemudian tekan “r” dan tentu saja diikuti dengan “Enter” :D. Langkah ini untuk masuk ke mode Recovery dan Transformation.
  3. Kemudian tekan “g” dan diikuti dengan “Enter” untuk memilih menu konversi partisi GPT menjadi partisi MBR. Dilanjutkan dengan menekan “w” untuk menyimpan tabel partisi ke Hard Disk anda. Jika muncul pertanyaan tekan saja “Y” dan “Enter” untuk mengakhiri dan keluar.

Untuk lebih jelasnya mungkin bisa anda lihat gambar berikut ini :

Screenshot from 2014-02-24 13:05:12

Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan komentar atau bahas di forum supaya lebih ramai :D.

Salam Open Source !!!

(sumber 1 : http://askubuntu.com/questions/376607/problems-installing-ubuntu-13-10-alongside-windows-7-gpart-shows-unallocated-s)

(sumber 2 : http://www.ehow.com/how_12119053_convert-gpt-mbr-linux.html)

About emre